• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMANFAATAN BRAINLY SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Nomi Noverita Sinaga.pdf (260.6Kb)
    Date
    2022-10-31
    Author
    SINAGA, NOMI NOVERITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan metode analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS Versi 22 terdapat persamaan analisi regresi linier berganda yaitu Y = 49,030 + 0,280 X1 + 0,471 X2 dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfataan brainly sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan. Berdasarkan uji t yaitu 3,541> 2,051. Dan selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan berdasarkan uji f yaitu 7,011> 3,35. Dan berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) terdapat pengaruh pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan sebesar 33,8% dan sisanya sebesar 66,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7381
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENGARUH MOTIVASI BELAJAR LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN2018/2019 

      Adella, Audita (2018-09-11)
      Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ...
    • Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. 

      Sinaga, Pangeran Tigor Hasahatan (2018-10-05)
      Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Penelitian ...
    • Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019 

      Hutahaean, Grace Angelina (2019-04-08)
      Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan ...

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback