PENGARUH PEMANFAATAN BRAINLY SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan tahun ajaran
2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan metode analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji f), dan uji
koefisien determinasi (R2). Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan
SPSS Versi 22 terdapat persamaan analisi regresi linier berganda yaitu Y = 49,030
+ 0,280 X1 + 0,471 X2 dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfataan brainly sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan. Berdasarkan uji t yaitu 3,541> 2,051. Dan selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan berdasarkan uji f
yaitu 7,011> 3,35. Dan berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) terdapat pengaruh pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan sebesar
33,8% dan sisanya sebesar 66,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN2018/2019
Adella, Audita (2018-09-11)Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ... -
Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil.
Sinaga, Pangeran Tigor Hasahatan (2018-10-05)Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Penelitian ... -
Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019
Hutahaean, Grace Angelina (2019-04-08)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan ...