dc.contributor.author | Damira, Risa | |
dc.date.accessioned | 2022-08-22T05:13:20Z | |
dc.date.available | 2022-08-22T05:13:20Z | |
dc.date.issued | 2022-07-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7180 | |
dc.description | This study aims to: (a) Know how the teacher's efforts in utilizing technology used as online learning media. (b) Knowing the obstacles faced by educators during online learning. This type of research is a qualitative descriptive study. Sources of data in this study were 30 teachers from SD Negeri 067245 Medan Selayang. The results showed that: (a) The efforts made by the teacher were to make maximum use of technology by using WhatsApp and Zoom, sending learning materials, assignments and instructions through the WhatsApp group and explaining the material through Zoom, the next effort the teacher made was learning from colleagues work who are able to use technology, take part in training or education and training, take advantage of available online learning resources, take advantage of network applications to communicate. (b) The constraints faced by teachers are that not all are proficient in using internet technology or social media as a means of learning, efforts to overcome them are teachers who understand using technology to help teachers who do not understand. The next obstacle faced by teachers is signal constraints, therefore teachers carry out learning at school by utilizing school WiFi. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Mengetahui bagaimana upaya guru dalam pemanfaatan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring. (b) Mengetahui kendala yang dihadapi pihak pendidik selama pembelajaran daring berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 30 guru dari SD Negeri 067245 Medan Selayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) Upaya yang dilakukan guru dalam adalah memanfaatkan teknologi dengan cara menggunakan WhatsApp dan Zoom dengan maksimal, mengirimkan materi pembelajaran, tugas dan instruksi melalui grup WhatsApp dan menjelaskan materi melalui Zoom, upaya selanjutnya yang dilakukan guru yaitu belajar dari rekan kerja yang mampu menggunakan teknologi, mengikuti pelatihan atau diklat, memanfaatkan sumber-sumber belajar dalam jaringan yang sudah banyak tersedia, memanfaatkan aplikasi-aplikasi jaringan untuk berkomunikasi. (b) Kendala yang dihadapi guru yaitu tidak semua mahir menggunakan teknologi internet atau media sosial sebagai sarana pembelajaran, upaya mengatasinya guru-guru yang paham menggunakan teknologi membantu guru yang kurang paham. Kendala selanjutnya yang dihadapi guru yaitu kendala sinyal, maka dari itu guru melaksanakan pembelajaran disekolah dengan memanfaatkan WiFi sekolah. | en_US |
dc.publisher | Seminar Nasional 2022 - NBM Arts | en_US |
dc.subject | Pemanfataan Teknologi | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Daring | en_US |
dc.title | ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SISWA SD NEGERI 067245 MEDAN SELAYANG | en_US |