ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SISWA SD NEGERI 067245 MEDAN SELAYANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Mengetahui bagaimana upaya guru dalam pemanfaatan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring. (b) Mengetahui kendala yang dihadapi pihak pendidik selama pembelajaran daring berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 30 guru dari SD Negeri 067245 Medan Selayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) Upaya yang dilakukan guru dalam adalah memanfaatkan teknologi dengan cara menggunakan WhatsApp dan Zoom dengan maksimal, mengirimkan materi pembelajaran, tugas dan instruksi melalui grup WhatsApp dan menjelaskan materi melalui Zoom, upaya selanjutnya yang dilakukan guru yaitu belajar dari rekan kerja yang mampu menggunakan teknologi, mengikuti pelatihan atau diklat, memanfaatkan sumber-sumber belajar dalam jaringan yang sudah banyak tersedia, memanfaatkan aplikasi-aplikasi jaringan untuk berkomunikasi. (b) Kendala yang dihadapi guru yaitu tidak semua mahir menggunakan teknologi internet atau media sosial sebagai sarana pembelajaran, upaya mengatasinya guru-guru yang paham menggunakan teknologi membantu guru yang kurang paham. Kendala selanjutnya yang dihadapi guru yaitu kendala sinyal, maka dari itu guru melaksanakan pembelajaran disekolah dengan memanfaatkan WiFi sekolah.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]