PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN MORAL SISWA DI SDN 056022 PAYA PERUPUK KEC. TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana peran guru pkn sebagai Educator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat (2) Bagaimana peran guru pkn sebagai motivator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat (3) Bagaimana peran guru pkn sebagai Evaluator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat (4) Apa faktor Pendukung dan Penghambat Guru PKn dalam Meningkatkan Moral Siswa Di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data peneliti diperoleh melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PKn sudah efektif, peran sebagai pendidik dalam peningkatan moral mempunyai nilai yang positif dilakukan pada anak didik. Pendidikan dan motivasi yang diberikan kepada anak didik tersebut berupa kebiasaan-kebiasaan serta contoh suri tauladan yang baik, yang dilakukan dilingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah (guru) dan lingkungan masyarakat. Faktor pendukung dan penghambat bagi peran guru PKn dalam meningkatkan moral siswa adalah faktor yang timbul dari lingkungan keluarga dan latar belakang orang tua dan juga watak karakter siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya ialah yang bersumber dari dalam diri siswa, selain itu faktor lingkungan dan teknologi yang menjerumuskan siswa pada pergaulan bebas serta faktor lingkungan yang negative.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]