PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DIKELAS IVSDN165735 KOTA TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis kolaboratif lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi gaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 28 orang dan kelas IV-B sebanyak 28 orang.Sampeldalam penelitian ini dipilih dengan Total Sampling sebanyak dua kelas. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar materi gaya berupa tes pilihan berganda dan angket sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar materi gaya siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Berbasis Kolaboratif 82,96 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar materi gaya dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction sebesar 74,67.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]