• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK ANAK BERBAKAT DI TK MARIA MUTIARA

    Thumbnail
    View/Open
    PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK ANAK BERBAKAT DI TK MARIA MUTIARA.pdf (247.4Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Gultom, Heppi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum merupakan suatu kebutuhan yang dijadikan guru sebagai pedoman dalam penyusunan target proses belajar mengajar. Kurikulum memudahkan guru dalam setiap proses belajar mengajar yaitu dengan menyusun kegiatan-kegiatan belajar mengajar untuk menghasilkan perkembangan kognitif, efektif, dan psikomotorik anak. Setiap guru dituntun harus memahami karakter dari setiap siswa individu per individu. Dan hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para guru. Berbagai usaha dilakukan guru untuk memastikan setiap murid di kelas mereka sukses dalam proses pembelajaran. Penanganan anak-anak berbakat secara khusus pastinya akan merugikan beberapa siswa yang memiliki kelemahan-kelemahan tertentu. Permasalahan inilah yang menjadi dasar penelitian untuk mengembangkan kurikulum alternatif yaitu pembelajaran diferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan pembelajaran diferensiasi untuk anak berbakat di TK Maria Mutiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian dapat diperoleh melalui observasi, wawancara, survei lapangan, dan buku. Setelah memperoleh data maka peneliti dapat mengolah data tersebut dengan menggunakan beberapa teori ahli sesuai dengan kebutuhan objek yang diteliti dan peneliti juga dapat mempelajari subjek secara mendalam dan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya semua anak itu belajar, akan tetapi mereka mempunyai kemampuan yang berbeda-beda di dalam kelas yang sama. Sehingga seorang guru harus teliti dan menyadari tingkat kemampuan dari masing-masing anak sebelum memberikan suatu instruksi dan guru harus memahami tahapan cara dalam memulai pembelajaran diferensiasi.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7113
    Collections
    • Psikologi [5]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback