PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK ANAK BERBAKAT DI TK MARIA MUTIARA
Abstract
Kurikulum merupakan suatu kebutuhan yang dijadikan guru sebagai pedoman dalam penyusunan target proses belajar mengajar. Kurikulum memudahkan guru dalam setiap proses belajar mengajar yaitu dengan menyusun kegiatan-kegiatan belajar mengajar untuk menghasilkan perkembangan kognitif, efektif, dan psikomotorik anak. Setiap guru dituntun harus memahami karakter dari setiap siswa individu per individu. Dan hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para guru. Berbagai usaha dilakukan guru untuk memastikan setiap murid di kelas mereka sukses dalam proses pembelajaran. Penanganan anak-anak berbakat secara khusus pastinya akan merugikan beberapa siswa yang memiliki kelemahan-kelemahan tertentu. Permasalahan inilah yang menjadi dasar penelitian untuk mengembangkan kurikulum alternatif yaitu pembelajaran diferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan pembelajaran diferensiasi untuk anak berbakat di TK Maria Mutiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian dapat diperoleh melalui observasi, wawancara, survei lapangan, dan buku. Setelah memperoleh data maka peneliti dapat mengolah data tersebut dengan menggunakan beberapa teori ahli sesuai dengan kebutuhan objek yang diteliti dan peneliti juga dapat mempelajari subjek secara mendalam dan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya semua anak itu belajar, akan tetapi mereka mempunyai kemampuan yang berbeda-beda di dalam kelas yang sama. Sehingga seorang guru harus teliti dan menyadari tingkat kemampuan dari masing-masing anak sebelum memberikan suatu instruksi dan guru harus memahami tahapan cara dalam memulai pembelajaran diferensiasi.
Collections
- Psikologi [5]