IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI MORAL DAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR
Date
2022-07-29Author
Ika Aprilita, Sinaga
Naiborho, Tri Martin
Sidabariba, Dedy Dores
Pasaribu, Doni
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam pembelajaran PKn, moral dan karakter merupakan hal utama yang perlu ditanamkan pada anak usia SD, karena proses pembelajaran PKn SD saat ini memiliki tujuan dalam pembentukan moral dan karakter anak. Penerapan nilai moral dan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dibutuhkan kesiapan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang lengkap, nilai-nilai moral dan karakter siswa wajib diajarkan dikelas. Nilai-nilai moral dan karakter yang diajarkan pada anak yaitu sikap toleransi, menghargai, berbicara sopan santun, kejujuran, dan saling menghargai dan tolong menolong. Faktor yang mempengaruhi nilai-nilai moral dan karakter anak terlihat dari segi positif seperti, membiasakan untuk mengikuti kegiatan keagamaan , membimbing anak untuk selalu berbuat baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi moral dan karakter anak adalah faktor lingkungan, faktor teman, dan faktor media atau teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis implementasi pendidikan nilai moral dan karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Pada penelitian kali ini metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang dilakukan secara deskrptif. Dasar atau teori dari pembahasan kali ini di dapat dari hasil studi literatur atau kepustakaan yang di dapatkan dari beberapa sumber – sumber yang relevan seperti Jurnal, artikel dan buku.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]