PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL BERBASIS TARI TRADISIONAL ACEH RANUP LAMPUAN PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI NANGGROE PIDIE JAYA
Abstract
Tujun penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Kearifan Lokal Berbasis Tari Tradisional Aceh Ranup Lampuan Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Nanggroe Pidie Jaya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan memusatkan pada metode fieldreseacrh (riset lapangan), karena itu data yang diperoleh adalah bersumber dari hasil penelitian lapangan. Pendekatan ini dipilih karena relevan dengan ciri-ciri penelitian kualitatif. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci (key instrumen). Peneliti terjun langsung kelapangan, menyesuaikan diri dengan waktu dan ruang setempat untuk mendapatkan data, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kearifan Lokal Untuk Anak Usia Dini Melalui Tari Ranup Lampuan Pada Anak Di TK Negeri Nanggroe Pidie Jaya sudah sangat baik dengan melihat anak mampu bergerak dengan melihat dari daya ingat anak ketika menghafal bentuk gerakan tari yang mengikutin proses dalam latihannya. Kearifan lokalnya dapat dilaksanakan dengan baik melalui tari ranup lampuan ini terlihat bakat anak dari cara anak bergerak bersusun sesuai tahap gerak satu ke gerakan selanjutnya dengan mengikuti irama musik ranup lampuan, dengan mampu mengingat susunan pola lantai dalam tarian ranup lampuan.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]