Show simple item record

dc.contributor.authorZaky, Naufal
dc.contributor.authorSatria, Tri Danu
dc.date.accessioned2022-07-27T12:15:34Z
dc.date.available2022-07-27T12:15:34Z
dc.date.issued2022-07
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7084
dc.descriptionThis study aims to determine the management of education at the Music Education Study Program at the State University of Medan during the Covid 19 pandemic, and to determine the management of e-learning-based education at the Music Education Study Program at the State University of Medan in the midst of the Covid-19 pandemic. The approach used in this study is a qualitative approach. The results of this study are Educational Governance at the Music Education Study Program, Medan State University during the Covid-19 Pandemic, namely through the stages of Transparency, Participation, Accountability, and Coordination, a) Transparency in this case is intended to determine all activities of lecturers, students and program activities open study. b) Participation to support programs and the continuity of student learning processes that can be obtained from outside the campus, c) Accountability to test the quality of the Music Education study program, Faculty of Language and Arts towards policies, learning process management, and education management by monitoring and evaluating, d) Coordination by forming group chats through the WhatsApp platform in order to unite lecturers in the study program environment to communicate with each other. E-learning-Based Education Management at the Music Education Study Program at the State University of Medan in the midst of the Covid-19 Pandemic is carried out systematically online by following the Planning stages which include E-Learning-based Learning Systems, Information Systems, and Administrative Systems. The actuating stage, which carries out the online learning process using the Zoom Meetings application, and the web for providing e-learning-based materials (SIPDA) through the website https://elearningfbs.unimed.ac.id/, as well as the Controlling stage through monitoring that has been carried out every semester since the beginning of the COVID-19 pandemic by using online mechanisms, including RPS control, Lecture Contracts, and others.en_US
dc.description.abstractDitengah pandemi covid-19 yang sedang melanda saat ini terdapat permasalahan yang terjadi ketika hilangnya komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa serta pergeseran pola pembelajaran dari pembelajaran konvensional menjadi sistem pembelajaran Daring (online) di lingkungan program studi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Sehingga proses pembelajaran harus diterapkan melalui pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pendidikan di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan pada masa pandemi Covid 19, dan untuk mengetahui manajemen pendidikan berbasis e-learning di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan di tengah pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Tata Kelola Pendidikan di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan pada Masa Pandemi Covid-19 yakni melalui tahapan Transparansi, Partisipasi, Akuntabitilas, dan Koordinasi, a)Transparansi dalam hal ini dimaksudkan untuk mengetahui segala aktivitas dosen, mahasiswa dan kegiatan program studi secara terbuka. b) Partisipasi untuk mendukung program-program serta keberlangsungan proses belajar mahasiswa yang bisa didapatkan dari luar kampus, c) Akuntabilitas untuk menguji kualitas program studi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni terhadap kebijakan, pengelolaan proses pembelajaran, dan manajemen pendidikan dengan melakukan monitoring dan evaluasi, d) Koordinasi dengan membentuk group chatting melalui platform WhatsApp demi menyatukan dosen di lingkungan program studi untuk saling berkomunikasi. Manajemen Pendidikan Berbasis E-learning di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan di tengah Pandemi Covid-19 dijalankan sistematis secara online dengan mengikuti tahapan Perencanaan (Planning) yang meliputi Sistem Pembelajaran berbasis E-Learning, Sistem Penginformasian, dan Sistem Administrasi. Tahapan Penggerakan (Actuating) yang melaksanakan proses pembelajaran secara Daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meetings, dan web pemberian materi berbasis e-learning (SIPDA) melalui website https://elearningfbs.unimed.ac.id/, Serta tahapan Pengawasan (Controlling) melalui monitoring yang terus dilakukan pada tiap semesternya sejak awal pandemi covid-19 dengan menggunakan mekanisme secara online, baik meliputi kendali RPS, Kontrak Perkuliahan, dan lain-lain.en_US
dc.publisherSeminar Nasional 2022 - NBM Artsen_US
dc.subjectTata Kelolaen_US
dc.subjectManajemen Pendidikanen_US
dc.subjectE-Learningen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titleTATA KELOLA DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MASA PENDEMI COVID-19 BERBASIS E-LEARNING DI PRODI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS NEGERI MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record