TATA KELOLA DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MASA PENDEMI COVID-19 BERBASIS E-LEARNING DI PRODI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
Ditengah pandemi covid-19 yang sedang melanda saat ini terdapat permasalahan yang terjadi ketika hilangnya komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa serta pergeseran pola pembelajaran dari pembelajaran konvensional menjadi sistem pembelajaran Daring (online) di lingkungan program studi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Sehingga proses pembelajaran harus diterapkan melalui pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pendidikan di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan pada masa pandemi Covid 19, dan untuk mengetahui manajemen pendidikan berbasis e-learning di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan di tengah pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Tata Kelola Pendidikan di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan pada Masa Pandemi Covid-19 yakni melalui tahapan Transparansi, Partisipasi, Akuntabitilas, dan Koordinasi, a)Transparansi dalam hal ini dimaksudkan untuk mengetahui segala aktivitas dosen, mahasiswa dan kegiatan program studi secara terbuka. b) Partisipasi untuk mendukung program-program serta keberlangsungan proses belajar mahasiswa yang bisa didapatkan dari luar kampus, c) Akuntabilitas untuk menguji kualitas program studi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni terhadap kebijakan, pengelolaan proses pembelajaran, dan manajemen pendidikan dengan melakukan monitoring dan evaluasi, d) Koordinasi dengan membentuk group chatting melalui platform WhatsApp demi menyatukan dosen di lingkungan program studi untuk saling berkomunikasi. Manajemen Pendidikan Berbasis E-learning di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan di tengah Pandemi Covid-19 dijalankan sistematis secara online dengan mengikuti tahapan Perencanaan (Planning) yang meliputi Sistem Pembelajaran berbasis E-Learning, Sistem Penginformasian, dan Sistem Administrasi. Tahapan Penggerakan (Actuating) yang melaksanakan proses pembelajaran secara Daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meetings, dan web pemberian materi berbasis e-learning (SIPDA) melalui website https://elearningfbs.unimed.ac.id/, Serta tahapan Pengawasan (Controlling) melalui monitoring yang terus dilakukan pada tiap semesternya sejak awal pandemi covid-19 dengan menggunakan mekanisme secara online, baik meliputi kendali RPS, Kontrak Perkuliahan, dan lain-lain.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]