ANALISIS INDUSTRI ALAT MUSIK PADA SEKTOR UMKM DI DESA CIPACING
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas kaingintahuan peneliti atas industri alat musik yang berkembang pada usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di desa Cipacing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan strategi penjualan alat musik pada sektor UMKM di Desa Cipacing. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan paradigma kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah permasalahan yang terjadi pada UMKM di desa Cipacing yaitu mahalnya bahan baku, rendahnya produktifitas, kurangnya perilaku kewirausahaan pada pelaku UMKM serta bunga pinjaman modal yang tinggi. Terdapat strategi pelaku UMKM sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memasok produk alat musik dari kota Tegal dan beberapa kota lainnya di Jawa Tengah, memasok produk alat musik zimbe ke KOPRASI dan menjualnya secara mandiri di toko, untuk mengatasi bunga modal pinjaman yang tinggi, pengrajin hanya memproduksi alat musik zimbe sesuai dengan pesanan.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]