Show simple item record

dc.contributor.authorMunawwarah. S, Hidayatul
dc.date.accessioned2022-07-27T11:53:06Z
dc.date.available2022-07-27T11:53:06Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7080
dc.descriptionThis study aims to describe the character values contained in the traditional games performed by early childhood and to find out the positive and negative impacts of the traditional games. The method used is descriptive qualitative. The research was conducted at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. The subjects of the study were class B students, totaling 20 students. Collecting data using interview, observation, and document techniques. The documents collected serve as supporting data. The validity of the data is seen when carrying out the traditional games, namely by checking and observing all activities carried out by educators and students in character building activities through the traditional games and conducting interviews with educators. The results show that there are character values in the traditional game, namely a sense of mutual cooperation, democracy, unity, and obedience. These values become the basis for early childhood to carry out activities at the next age stage. Broadly speaking, there are positive impacts that can have a major impact on children's growth and development such as being able to socialize, children feel happy, children can be sporty, and make children creative. The negative impact is in terms of playing time, which can be overcome by limiting playing time. From the negative impact obtained, there are new findings obtained, namely how to teach children to respect time by being disciplined.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional yang dilakukan oleh anak usia dini serta mengetahui dampak positif dan negatif dalam permainan tradisional. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas B yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen. Dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Keabsahan data dilihat pada saat melakukan kegiatan permainan tradisonal yaitu dengan mengecek dan mengobservasi segala aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembentukan karakter melalui permainan tradisional serta melakukan wawancara dengan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter di dalam permainan tradisional, yaitu rasa gotong royong, demokrasi, persatuan, dan kepatuhan. Nilai tersebut menjadi dasar bagi anak usia dini untuk menjalankan aktivitas pada tahap usia berikutnya. Secara garis besar ada dampak positif yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak seperti dapat bersosialisasi, anak merasa senang, anak dapat bersikap sportif, serta menjadikan anak kreatif. Adapun dampak negatifnya yaitu dalam hal waktu bermain, yang dapat diatasi dengan adanya pembatasan waktu dalam bermain. Dari dampak negatif yang diperoleh maka terdapat temuan baru yang didapatkan, yaitu bagaimana mengajarkan anak untuk menghargai waktu dengan bersikap disiplin.en_US
dc.publisherSeminar Nasional 2022 - NBM Artsen_US
dc.subjectnilai-nilai karakteren_US
dc.subjectpermainan tradisionalen_US
dc.subjectanak usia dinien_US
dc.titlePENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA DINIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record