PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional yang dilakukan oleh anak usia dini serta mengetahui dampak positif dan negatif dalam permainan tradisional. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas B yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen. Dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Keabsahan data dilihat pada saat melakukan kegiatan permainan tradisonal yaitu dengan mengecek dan mengobservasi segala aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembentukan karakter melalui permainan tradisional serta melakukan wawancara dengan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter di dalam permainan tradisional, yaitu rasa gotong royong, demokrasi, persatuan, dan kepatuhan. Nilai tersebut menjadi dasar bagi anak usia dini untuk menjalankan aktivitas pada tahap usia berikutnya. Secara garis besar ada dampak positif yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak seperti dapat bersosialisasi, anak merasa senang, anak dapat bersikap sportif, serta menjadikan anak kreatif. Adapun dampak negatifnya yaitu dalam hal waktu bermain, yang dapat diatasi dengan adanya pembatasan waktu dalam bermain. Dari dampak negatif yang diperoleh maka terdapat temuan baru yang didapatkan, yaitu bagaimana mengajarkan anak untuk menghargai waktu dengan bersikap disiplin.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]