PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES MAPEL PKN MATERI NORMA DAN KEADILAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 3 PULAU RAKYAT TP. 2021/2022
Abstract
Di dalam pembelajaran PKn di SMP tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar.Hal ini terlihat dari hasil belajar PKn siswa yang rendah. Berdasarkan data hasil ulangan semester ganjil kelas VII.1 tahun pelajaran 2021/2022,dari 32 siswa hanya 13 orang atau 42,5 % yang mencapai KKM dan 19 orang atau 57,5 % yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran yang lebih menantang pengertian siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Examles Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa pada materi norma dan keadilan di kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pulau Rakyat tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( class action research ). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pulau Rakyat sebanyak 32 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada materi norma dan keadilan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 51,66%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Karena telah memenuhi ketuntasan belajar secara klaksikal dan mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II maka dapat disimpulkam bahwa dengan Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dapat Meningkatkan Hasil belajar PKn Siswa Materi Norma Dan Keadilan Di Kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pulau Rakyat Tahun Pelajaran 2021/2022.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]