• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES MAPEL PKN MATERI NORMA DAN KEADILAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 3 PULAU RAKYAT TP. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES MAPEL PKN MATERI NORMA DAN KEADILAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 3 PULAU RAKYAT TP. 2021-2022.pdf (276.6Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Br Marbun, Lely verawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di dalam pembelajaran PKn di SMP tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar.Hal ini terlihat dari hasil belajar PKn siswa yang rendah. Berdasarkan data hasil ulangan semester ganjil kelas VII.1 tahun pelajaran 2021/2022,dari 32 siswa hanya 13 orang atau 42,5 % yang mencapai KKM dan 19 orang atau 57,5 % yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran yang lebih menantang pengertian siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Examles Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa pada materi norma dan keadilan di kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pulau Rakyat tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( class action research ). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pulau Rakyat sebanyak 32 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada materi norma dan keadilan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 51,66%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Karena telah memenuhi ketuntasan belajar secara klaksikal dan mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II maka dapat disimpulkam bahwa dengan Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dapat Meningkatkan Hasil belajar PKn Siswa Materi Norma Dan Keadilan Di Kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pulau Rakyat Tahun Pelajaran 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7072
    Collections
    • Ilmu Pendidikan [46]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback