dc.contributor.author | Siregar, Irma Arda Shafa | |
dc.date.accessioned | 2022-07-27T10:25:27Z | |
dc.date.available | 2022-07-27T10:25:27Z | |
dc.date.issued | 2022-07-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7069 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan siswa kelas/i II UPT Sekolah Dasar Negeri 060882 Medan Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan fenomeda-fenomena yang terjadi di UPT Sekolah Dasar Negeri 060882 Medan Baru terutama pada siswa/I kelas II. Instrumen Data penelitian ini berupa deskriptif naratif bersumber dari observasi dan wawancara yang berjumlah 10 siswa/i. Data analisi dengan menggunakan teknik analysis interactive model dengan beberapa bagian yaitu, pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) pembelajaran daring yang dilakukan di UPT Sekolah Dasar Negeri 060882 Medan Baru siswa/i kelas II tidak dapat berjalan dengan baik dan lancar karena kurangnya pemahaman dalam penerimaan materi pembelajaran yang diberikan guru ataupun guru tidak sepenuhnya memberikan penjelasan materi kepada siswa (2) siswa menunggu orangtua untuk mendampingi dan membantu mengerjakan tugas bahkan ada juga siwa yang tidak mengumpulkan karena tidak memiliki sarana pembelajaran daring. | en_US |
dc.description.abstract | the objective of research was to describe the learning effevtiveness during the covid:19 pandemic on civic education subject toward grade II students of SDN 060882 Medan Baru. This type reseaarch was qualitative description research that was to describe phenomena that occcurred at SDN 060882 Medan Baru, especially toward grade II students. This research data instrumen was descriptive narrative sourced from observations and interviews of 10 students. Data analysis was to use analysis interactive model techniques with several parts, namely, data collection, data reduction, presentation of data (display data), and withdrawal of conclusion. The conclusion of this research are: (1) virtual learning conducted at SDN 060882 Medan Baru toward grade II could run properly and smoothyly duet o lack of understanding in the acceptance of learning materials provide by teachers or teachers not fully provide material explanations to students. (2) students waited for parents to accompany and halped with the task and there were even students who did not collect because they did not have virtual learning facilities | en_US |
dc.publisher | Seminar Nasional 2022 - NBM Arts | en_US |
dc.subject | learning effectiveness | en_US |
dc.subject | learning during pandemic | en_US |
dc.title | ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 060882 MEDAN BARU | en_US |