PENGARUH DIGITALISASI PENDIDIKAN TERHADAP NILAI NILAI KEARIFAN LOKAL INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan pada masa pandemi Covid 19 mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam pendidikan, Digitalisasi pendidikan sangat berkembang pesat, bahkan keseluruhan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran digital. Hal ini juga tentunya berpengaruh terhadap nilai nilai kearidan lokal di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana pengaruh digitalisasi pendidikan terhadap nilai nilai kearifan lokal Indonesia yang dilaksanakan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan hasilnya hanya akan dipresentasekan menggunakan angka. Selanjutnya subjek penelitian adalah siswa SDN 106790 Sei Mencirim yang terletak di Kabupaten Deli Serdang. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dapak positif bagi pendidikan, sehingga dapat memberikan inovasi bagi peneliti untuk dapat mengembangkan dan memajukan pendidikan di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan digitalisasi pendidikan terhadap nilai nilai kearifan lokal Indonesia, dan setelah di identifikasi maka diperoleh bahwa dalam pendidikan dengan digitalisasi yang selama ini dilakukan kurang mengaitkan dengan nilai nilai kearifan lokal di Indonesia.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]