STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Ranah yang dikembangkan melalui pembelajaran PKn adalah pengetahuan, sikap dan nilai, serta keterampilan. Selain nilai-nilai pancasila, guru juga menanamkan nilai demokrasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang strategi yang diterapkan guru dalam menerapkan nilai-nilai demokrasi pada pembelajaran PKn di SDN 104208 Cinta Rakyat, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen, dengan subjek penelitian yaitu guru-guru kelas di SDN 104208 Cinta Rakyat yang dipilih dengan teknik purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru kelas dalam menerapkan nilai-nilai demokrasi kepada siswa, diantaranya: 1) melaksanakan pembelajaran berbasis kelompok; 2) pembentukan kelompok secara multikultural; 3) demo kegiatan kewarganegaraan melalui pembelajaran PKn; 4) melakukan beberapa aktivitas secara bersama-sama; dan 5) menulis rancangan pembelajaran demokratis. Disimpulkan bahwa terdapat berbagai strategi yang dapat diterapkan guru dalam mengimplementasikan nilai demokrasi kepada siswa melalui pembelajaran PKn, dengan demikian pelajaran PKn dapat berkontribusi dalam pembentukan karakter bangsa.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]