IMPLEMENTASI TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Konstruktivisme dalam pembelajaran adalah suatu filosofi yang didasari oleh pemikiran bahwa proses pembentukan pengetahuan pada individu manusia merupakan hasil kegiatan mental yang ditunjang oleh proses pengalaman belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan memberikan gambaran mengenai implikasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan scientifik yang dilaksanakan di SD Negeri 101775 Sampali. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan data dengan menggunakan teknik untuk mengumpulkan yaitu dengan observasi, wawancara, atau dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa implikasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran selain menggunakan media dan model pembelajaran 5M dalam penelitian ini diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan guru sebagai fasilitator menjadi lebih inovatif sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]