ANALISIS EFEKTIFITAS MEDIA FLASHCARD PADA SISWA SEKOLAH RIMBA SUKU ANAK DALAM (SAD) MERANGIN JAMBI
Abstract
Pendidikan bertujuan untuk membentuk individu yang kompeten untuk hidup bahagia dan sejahtera. Pendidikan menjadi hak dan diwajibkan oleh negara kepada wargannya. Dalam mencapai tujuan pendidikan perlu pembelajaran yang inovatif, efektif dan efesien. Media merupakan sarana penentu berjalannya pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis efektifitas media flash card pada materi hewan disekitarku. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif tentang gambaran berdasarkan data lapangan dengan data pustaka yang relevan. Analisi menggunakan teknik analisis konten. Hasil menunjukkan media flash card secara empiris terbukti efektif dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data lapangan yakni media pembelajaran flash card meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah rimba Suku Anak Dalam (SAD) Desa Gading Jaya Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Dengan data hasil belajar materi satu diperoleh rata-rata nilai71,36 dan nilai hasil belajar siswa materi 2 diperoleh rata-rata nilai 80,45.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]