dc.contributor.author | Siregar, Parkumpulan | |
dc.date.accessioned | 2022-07-27T09:38:44Z | |
dc.date.available | 2022-07-27T09:38:44Z | |
dc.date.issued | 2022-07-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7053 | |
dc.description | ABSTRACT
Project Based Learning is a learning method that can be applied at all levels of education. In this learning method, the educator acts as a facilitator. Project Based Learning aims to find solutions to problems, besides that, students learn the concepts of problem solving and develop critical thinking skills so that students' motivation and learning outcomes increase. In studying concepts and critical thinking skills, students work together in groups to examine real problems where students can apply various local cultures in the learning process. Which in this case local wisdom is very influential for student learning at school. Learning by applying this learning method is expected to increase students' learning motivation so that they become more active and creative, by learning from what they see from their environment. This research is a classroom action research (CAR) with the research subjects being all fourth grade students of SDIT Nurul 'Ilmi Padang Sidempuan in the second semester of the 2021/2022 academic year, totaling 30 people, consisting of 15 female students and 15 male students. Each research cycle consists of stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. These stages take place repeatedly, until the research objectives are achieved. The analysis technique used is the interactive model qualitative data technique. The results showed that in the first cycle, the students' learning motivation level was 57% and the learning outcomes were 50%. In cycle II the level of learning motivation of students has reached the target of 88% and learning outcomes have reached 90%. The results in the second cycle have reached the success criteria so that the action is stopped in that cycle. | en_US |
dc.description.abstract | Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Dalam metode pembelajaran ini pendidik berperan sebagai fasiliator. Project Based Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis sehingga motivasi serta hasil belajar siswa menjadi meningkat. Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik bekerja secara bersama‐sama dalam kelompoknya untuk mengkaji masalah-masalah riil yang mana siswa dapat menerapkan berbagai budaya masyarakat setempat dalam proses pembelajaran. Yang mana dalam hal ini kearifan lokal sangat berpengaruh bagi pembelajaran siswa disekolah. Pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat motivasi belajar peserta didik meningkat sehingga mereka menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah seluruh pesera didik kelas IV SDIT Nurul ‘Ilmi Padang Sidempuan semester II tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Tiap siklus penelitian terdiri tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Tahapan-tahapan ini berlangsung secara berulang-ulang, sampai tujuan penelitian tercapai. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I tingkat motivasi belajar peserta didik 57% dan hasil belajar 50% . Pada siklus II tingkat motivasi belajar peserta didik telah mencapai target yaitu 88% dan hasil belajar mencapai 90%. Hasil pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan sehingga tindakan dihentikan pada siklus tersebut. | en_US |
dc.publisher | Seminar Nasional 2022 - NBM Arts | en_US |
dc.subject | Project Based Learning | en_US |
dc.subject | Budaya Masyarakat Setempat | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BUDAYA MASYARAKAT SETEMPAT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA | en_US |