PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BUDAYA MASYARAKAT SETEMPAT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Dalam metode pembelajaran ini pendidik berperan sebagai fasiliator. Project Based Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis sehingga motivasi serta hasil belajar siswa menjadi meningkat. Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik bekerja secara bersama‐sama dalam kelompoknya untuk mengkaji masalah-masalah riil yang mana siswa dapat menerapkan berbagai budaya masyarakat setempat dalam proses pembelajaran. Yang mana dalam hal ini kearifan lokal sangat berpengaruh bagi pembelajaran siswa disekolah. Pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat motivasi belajar peserta didik meningkat sehingga mereka menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah seluruh pesera didik kelas IV SDIT Nurul ‘Ilmi Padang Sidempuan semester II tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Tiap siklus penelitian terdiri tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Tahapan-tahapan ini berlangsung secara berulang-ulang, sampai tujuan penelitian tercapai. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I tingkat motivasi belajar peserta didik 57% dan hasil belajar 50% . Pada siklus II tingkat motivasi belajar peserta didik telah mencapai target yaitu 88% dan hasil belajar mencapai 90%. Hasil pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan sehingga tindakan dihentikan pada siklus tersebut.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]