Show simple item record

dc.contributor.authorSimatupang, Eva Martina
dc.contributor.authorSaragi, Daulat
dc.contributor.authorYus, Anita
dc.date.accessioned2022-07-23T14:24:00Z
dc.date.available2022-07-23T14:24:00Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7027
dc.descriptionThis study aims to see whether the pop-up book media is able to have an impact in improving children's speaking skills. The research method used is classroom action research. Classroom action research is carried out in several stages (cycles) in which each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. Meanwhile, for data collection, observation and documentation methods were used. This research was conducted at the Character And Education Center Kindergarten, Pekan Tolan, Kampung Rakyat District, South Labuhanbatu Regency, North Sumatra. The subjects in this study were group B children, totaling 14 people. The results showed that the use of pop-up book media had a positive impact on children where in this case it was seen that there was an increase in children's speaking skills after the use of pop-up book media in the learning process. In Cycle I before the pop-up book media was used, the results obtained from 14 children, 11 children were at the MB stage (Starting to Develop) and 3 children were at the Developing As expected (BSH) stage. In Cycle II, after using the pop-up book media, the results were obtained from 14 children, 6 children were at the Developing As Expected Stage (BSH) and 8 children were at the Very Good Developing stage (BSB). So from the results of this study indicate that the use of appropriate media will be able to have a positive impact in an effort to improve the abilities possessed by children, in this case the use of pop-up book media is able to improve children's speaking skills.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat apakah media pop-up book mampu memberikan dampak dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam beberapa tahap (siklus) yang mana pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sementara itu untuk pengumpulan datanya digunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Character And Education Center Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara. Adapun subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 14 Orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book memberikan dampak positif terhadap anak dimana dalam hal ini terlihat adanya peningkatan kemampuan berbicara anak setelah adanya penggunaan media pop-up book pada proses pembelajaran. Pada Siklus I sebelum media pop-up book digunakan diperoleh hasil dari 14 orang anak, 11 anak berada pada tahap MB (Mulai Berkembang) dan 3 anak berada pada tahap Berkembang Sesuai harapan (BSH). Pada Siklus II setelah penggunaan media pop-up book diperoleh hasil dari 14 orang anak, 6 anak berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 8 anak berada pada tahap Berkembang Sangat Baik (BSB). Maka dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media yang sesuai akan mampu memberikan dampak positif dalam usaha meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh anak, dalam hal ini penggunaan media pop-up book mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak.en_US
dc.publisherSeminar Nasional 2022 - NBM Artsen_US
dc.subjectKemampuan Berbicaraen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectPop Up Booken_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK PADA KELOMPOK B DI TK CHARACTER AND EDUCATIONen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record