MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK PADA KELOMPOK B DI TK CHARACTER AND EDUCATION
Date
2022-07-29Author
Simatupang, Eva Martina
Saragi, Daulat
Yus, Anita
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah media pop-up book mampu memberikan dampak dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam beberapa tahap (siklus) yang mana pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sementara itu untuk pengumpulan datanya digunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Character And Education Center Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara. Adapun subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 14 Orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book memberikan dampak positif terhadap anak dimana dalam hal ini terlihat adanya peningkatan kemampuan berbicara anak setelah adanya penggunaan media pop-up book pada proses pembelajaran. Pada Siklus I sebelum media pop-up book digunakan diperoleh hasil dari 14 orang anak, 11 anak berada pada tahap MB (Mulai Berkembang) dan 3 anak berada pada tahap Berkembang Sesuai harapan (BSH). Pada Siklus II setelah penggunaan media pop-up book diperoleh hasil dari 14 orang anak, 6 anak berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 8 anak berada pada tahap Berkembang Sangat Baik (BSB). Maka dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media yang sesuai akan mampu memberikan dampak positif dalam usaha meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh anak, dalam hal ini penggunaan media pop-up book mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak.
Collections
- Psikologi [5]