POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN UNSUR KEARIFAN LOKAL MATERI PELAJARAN PKN SEKOLAH DASAR
Abstract
Perkembangan pendidikan pasca pembelajaran daring membawa digitalisasi yang semakin meningkat didalam pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh power point sebagai media pembelajaran digital dengan unsur kearifan lokal pelajaran PKN di sekolah dasar yang layak, serta efektif digunakan dalam pelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan Pengembangan (R&D), model penelitian yang digunakan yakni ADDIE. Instrumen dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104223 Bingkawan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Hasil dari penelitian ini yakni diperoleh power point sebagai media pembelajaran digital dengan unsur kearifan lokal pelajaran PKN di sekolah dasar yang layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran yang dilihat hasil uji kelayakan yakni ahli media 4,5 dengan kategori sangat baik dengan presentasi 90% atau “Sangat Layak”. Hasil uji kelayakan ahli materi 4,3 dengan kategori baik dan presentase 86% atau sangat layak. Serta dapat meningkatkan hasil belajaran siswa kelas IV pada materi pelajaran PKN dengan rata rata nilai pre test 69 serta rata rata nilai post test yakni 84 sehingga diketahui diperoleh peningkatan hasil belajar setelah menggunakan power point sebagai media pembelajaran digital dengan unsur kearifan lokal.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]