IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN KTP-EL DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KECAMATAN MEDAN TIMUR
Date
2022-06-22Author
Degodona, Laurencia Primawati
Lubis, Nita Yuni Sahra
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pelayanan pembuatan KTP-el
dimasa pandemi covid-19 di Kantor Kecamatan Medan Timur. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Kualitatif Deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Tata
Pemerintahan sebagai informan kunci, seksi penyelenggara KTP-el sebagai informan utama dan
masyarakat sebagai informan tambahan. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijkan Pelayanan KTP-el Dimasa Pandemi
Covid-19 Di Kantor Kecamatan Medan Timur telah melaksanakan kebijakan pelayanan publik
sesuai standar pelayanan dalam pembuatan KTP-el, dimana pelayanan dilaksanakan secara
online dengan menggunakan website. Namun, kebijakan tersebut belum sepenuhnya terlaksana
dengan baik jika dilihat berdasarkan empat fenomena yang digunakan sebagai tolak ukur.
Diantaranya Indikator Implementasi Kebijakan KTP-el, Prosedur Implementasi Kebijakan KTP-el,
Sarana dan Prasarana serta, Prosedur Pelayanan KTP-el. Hanya tiga faktor yang terpenuhi dengan
baik, yaitu (1) Prosedur Implementasi Kebijakan KTP-el, (2) Prosedur Implemetasi Kebijakan KTPel, (3) serta Sarana dan prasarana. Sedangkan satu indikator lainnya yaitu Prosedur Pelayanan,
dimana masih banyak masyarakat yang mengeluh bahwa ketepatan waktu yang dijanjikan
petugas di Kecamatan Medan Timur belum sepenuhnya tepat, dan masih ditemukan masyarakat
yang belum mengetahui dan memahami mekanisme pengurusan KTP-el secara online.