ANALISIS BAURAN PEMASARAN 7P MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIKRO KREASI DI PT.PEGADAIAN (PERSERO) CABANG GAHARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis bauran pemasaran 7p melalui media sosial terhadap keputusan pembelian produk mikro kreasi di PT Pegadaian (Persero) Cabang Gaharu Medan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 61 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda untuk menganalisis hubungan variabel independen yaitu X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Promosi), X4 (Tempat), X5 (Orang), X6 (Proses), X7 (Bukti Fisik) terhadap variabel dependen yaitu Y (Keputusan pembelian).
Berdasarkan hasil yang diolah dapat diketahui bahwa variabel bauran pemasaran 7P (produc,price,promotion,place,people,process,physical evidence) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk mikro kreasi di PT Pegadaian (Persero) Cabang Gaharu Medan. Hal ini dapat dilihat dari persamaan linear regresi berganda yaitu Y= 7,089 + 0,003X1 + 0,182X2 + 0,712X3 + 0,103X4 + 0,027X5 + 0,351X6 + 0,167X7. Dari hasil uji t (parsial) produk tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, tempat tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, orang tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, proses berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan bukti fisik tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) kedua variabel bebas yaitu (produk,harga,promosi,tempat,orang,proses, dan bukti fisik terhadap keputusan pembelian).
Collections
- Manajemen [1151]