PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada kalangan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Dari hasil uji analisis regresi berganda variabel produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0,222, variabel hargaberpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0,045, dan variabel tempat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0,602, dan variabel promosi berpengaruh positif sebesar 0,012 terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji parsial variabel produkberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel hargaberpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji F bauran pemasaran secara bersama-sama variabel produk, harga, tempat dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel produk, harga, tempat dan promosi dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 0,454 atau 45,4% sedangkan sisanya 0,546 atau 54.6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1151]