UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA PELAJARAN PKN MATERI PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH SISWA SMP KLS VIII
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Swasta
Cerdas Mandiri yaitu setelah guru melaksanakan pembelajaran Pkn pada materi
memfaktorkan suku bentuk aljabar guru mengetahui bahwa hasil belajar siswa
Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah. Hal ini tercermin dari perolehan tes
awal dengan rata-rata 32,22. Ini menunjukkan bahwa belum tercapai standar
ketuntasan klasikal karena prosentase ketuntasan adalah sebesar 75%.
Dalam proses pembelajaran keaktifan siswayang seharusnya ditingkatkan
karena proses belajar bukanlah menyampaikan materi tapi bagaimana siswa dapat
memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupun bimbingan guru.
Selain itu dalam pembelajaran, ketertarikan siswa atau respon siswa juga sangat
mempengaruhi perolehan hasil belajar.
Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagai seorang guru
professional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran yaitu dengan
mengadakan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
meningkatkan pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Kelas VIII SMP Swasta Cerdas Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan individual
siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw juga dapat membuat siswa lebih aktif. Hal ini ditunjukka dari nilai
rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 ialah 68,33 dengan prosentase
ketuntasan sebesar 13,89% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85,28 dengan
prosentase ketuntasan sebesar 100%. Demikian juga dengan rata-rata sikap siswa
pada siklus 1 ialah 51,33 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84,78.
Collections
- LP - Report Research [230]