• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA PELAJARAN PKN MATERI PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH SISWA SMP KLS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    PKN_Rince_0024046416.pdf (761.8Kb)
    Date
    2021-12-01
    Author
    M.Pd, Rince
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Swasta Cerdas Mandiri yaitu setelah guru melaksanakan pembelajaran Pkn pada materi memfaktorkan suku bentuk aljabar guru mengetahui bahwa hasil belajar siswa Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah. Hal ini tercermin dari perolehan tes awal dengan rata-rata 32,22. Ini menunjukkan bahwa belum tercapai standar ketuntasan klasikal karena prosentase ketuntasan adalah sebesar 75%. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswayang seharusnya ditingkatkan karena proses belajar bukanlah menyampaikan materi tapi bagaimana siswa dapat memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupun bimbingan guru. Selain itu dalam pembelajaran, ketertarikan siswa atau respon siswa juga sangat mempengaruhi perolehan hasil belajar. Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagai seorang guru professional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran yaitu dengan mengadakan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meningkatkan pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Swasta Cerdas Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan individual siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw juga dapat membuat siswa lebih aktif. Hal ini ditunjukka dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 ialah 68,33 dengan prosentase ketuntasan sebesar 13,89% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85,28 dengan prosentase ketuntasan sebesar 100%. Demikian juga dengan rata-rata sikap siswa pada siklus 1 ialah 51,33 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84,78.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6664
    Collections
    • LP - Report Research [230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback