• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Kedokteran
    • Pendidikan Dokter
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Kedokteran
    • Pendidikan Dokter
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kepuasan Pasien Terhadap Penggunaan Aplikasi Telemedicine Pada Masa Pandemi COVID-19

    Thumbnail
    View/Open
    WALDY PASARIBU.pdf (189.3Kb)
    Date
    2022-03-23
    Author
    PASARIBU, WALDY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar Belakang : Pada masa pandemi COVID-19 komunikasi antara dokter dan pasien menjadi kurang efektif dikarenakan rasa takut yang berlebihan dan menimbulkan kekhawatiran bagi tenaga medis akan tertular COVID-19, hal tersebut terjadi disebabkan karena tidak terbukanya pasien dalam penggalian informasi pada penyakit yang diderita. Dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 pemerintah menghimbau baik dokter dan pasien untuk menggunakan aplikasi telemedicine. Telemedicine merupakan pelayanan kesehatan berupa teknologi informasi dan komunikasi dalam mendiagnosis, mengobati, mencegah dan mengevaluasi kondisi kesehatan pasien. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap penggunaan aplikasi telemedicine pada masa pandemi COVID-19 di kota Medan. Metode : Penelitian ini merupakan studi deskriptif menggunakan desain cross sectional dengan metode pengambilan data snowball sampling. Responden adalah pasien pengguna aplikasi telemedicine berupa Halodoc, Alodokter, Good doctor/Grab Health, Klikdokter, Yes Dok pada saat pandemi COVID-19 tahun 2021 di kota Medan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data diambil dari pengisian kuesioner melalui google forms dan diperoleh menggunakan skala likert. Selanjutnya data diolah dengan bantuan program komputer dan dianalisis secara deskriptif. Hasil : Dari penelitian ini didapatkan bahwa 114 responden yang masuk dalam kriteria inklusi, mayoritas berusia 17-25 tahun yaitu sebanyak 97 orang (85%), berjenis kelamin perempuan sebanyak 81 orang (71%), riwayat pendidikan terakhir SMA sebanyak 78 orang (68%), responden belum menikah sebanyak 104 orang (91%), responden tidak bekerja 90 orang (79%), rata-rata pendapatan dibawah Rp. 1.500.000 per bulan sebanyak 51 orang (45%), platform aplikasi telemedicine yang paling banyak digunakan yakni Halodoc sebanyak 71 orang (62%) dan memanfaatkan layanan aplikasi telemedicine untuk konsultasi penyakit sebanyak 41 orang (36%). Kesimpulan : Kepuasan pasien terhadap penggunaan aplikasi telemedicine pada masa COVID-19 sebanyak 108 orang (95%) merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6619
    Collections
    • Pendidikan Dokter [503]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback