PENGARUH INCOME SMOOTHING (PERATAAN LABA) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNING RESPONE (REAKSI PASAR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perataan laba dan ukuran perusahaan terhadap reaksi pasar pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019 sebanyak 35 perusahaan. Pengambilan sampel memakai metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan Perataan Laba tidak berpengaruh terhadap Reaksi Pasar dengan nilai thitung-2,029>ttabel1,684 dan ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Reaksi Pasar dengan nilai thitung5,454>ttabel1,684 pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri dan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Perataan Laba dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama (simultan) memberikan pengaruh terhadap Reaksi Pasar dengan nilai FHitung5,374>FTabel 3,232 pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri dan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.
Collections
- Akuntansi [1593]