Show simple item record

dc.contributor.authorSIAGIAN, NOVAYANTI
dc.date.accessioned2022-01-28T04:35:46Z
dc.date.available2022-01-28T04:35:46Z
dc.date.issued2022-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6379
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar mandiri dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaraan ekonomi kelas x ips selama pandemic covid-19 di sma negeri 8 medan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 128 siswa sedangkan jumlah sampel adalah 32 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar mandiri dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y = 44,591+ 0,244X1 + 0,344 X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung > ttabel (3,553 > 2,032) dan nilai signifikan belajar mandiri adalah 0,00 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara belajar mandiri terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung > ttabel (4,548 > 2,032) dan nilai signifikan dari disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,001 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.subjectBelajar Mandiri,en_US
dc.subjectDisiplin Belajar,en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH BELAJAR MANDIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record