dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar mandiri dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaraan ekonomi kelas x ips selama pandemic covid-19 di sma negeri 8 medan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran
2021/2022 dengan jumlah 128 siswa sedangkan jumlah sampel adalah 32 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar mandiri dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y = 44,591+ 0,244X1 + 0,344 X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung > ttabel (3,553
> 2,032) dan nilai signifikan belajar mandiri adalah 0,00 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara belajar mandiri terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung > ttabel (4,548 > 2,032) dan nilai signifikan dari disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,001 < 0,05
menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa. | en_US |