PENGARUH BELAJAR MANDIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar mandiri dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaraan ekonomi kelas x ips selama pandemic covid-19 di sma negeri 8 medan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran
2021/2022 dengan jumlah 128 siswa sedangkan jumlah sampel adalah 32 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar mandiri dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y = 44,591+ 0,244X1 + 0,344 X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung > ttabel (3,553
> 2,032) dan nilai signifikan belajar mandiri adalah 0,00 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara belajar mandiri terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung > ttabel (4,548 > 2,032) dan nilai signifikan dari disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,001 < 0,05
menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN2018/2019
Adella, Audita (2018-09-11)Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ... -
Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil.
Sinaga, Pangeran Tigor Hasahatan (2018-10-05)Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Penelitian ... -
Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019
Hutahaean, Grace Angelina (2019-04-08)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan ...