dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Parlilitan pada mata pelajaran IPS selama pembelajaran daring tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Parlilitan tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 102 siswa sedangkan jumlah sample adalah 31 siswa. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji multikolineearitas, Uji Regresi Berganda, Uji Hipotesis Secara Parsial (uji t), Uji Secara Simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y= 33,95+ 0,49X1 + 0,23X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung>ttabel (5,508 > 1,701) dan nilai signifikan adalah 0.000 < 0,05 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung>ttabel (3,256 > 1,701) dan nilai signifikan adalah 0.003 < 0,05 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. | en_US |