• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 PARLILITAN PADA MATA PELAJARAN IPS SELAMA PEMBELAJARAN DARING TAHUN AJARAN 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    NURSALIMAH TUMANGGOR.pdf (244.2Kb)
    Date
    2022-01-28
    Author
    TUMANGGOR, NURSALIMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Parlilitan pada mata pelajaran IPS selama pembelajaran daring tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Parlilitan tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 102 siswa sedangkan jumlah sample adalah 31 siswa. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji multikolineearitas, Uji Regresi Berganda, Uji Hipotesis Secara Parsial (uji t), Uji Secara Simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y= 33,95+ 0,49X1 + 0,23X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung>ttabel (5,508 > 1,701) dan nilai signifikan adalah 0.000 < 0,05 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung>ttabel (3,256 > 1,701) dan nilai signifikan adalah 0.003 < 0,05 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6376
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback