Show simple item record

dc.contributor.authorSILALAHI, MARIA DAMAYANTI
dc.date.accessioned2022-01-27T05:40:58Z
dc.date.available2022-01-27T05:40:58Z
dc.date.issued2022-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6353
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya operasional dan volume penjualan terhadap laba bersih (studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 – 2019). Adanya hubungan yang erat mengenai volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih perusahaan karena dalam hal ini laba akan timbul jika penjualan produk lebih besar dibanding dengan biaya – biaya yang dikeluarkan. Faktor utama yang mempengaruhi besar kecilnya laba adalah Pendapatan, pendapatan dapat diperoleh dari hasil penjualan barang dagangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Seluruh perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 – 2019 yang terdiri dari sepuluh perusahaan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang dimana seluruh populasi menjadi sampel, 10 perusahaan x 4 tahun = 40 sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi dengan uji t dapat diperoleh data bahwa: (1) Biaya Operasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap leba bersih. Sedangkan Volume Penjualan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih. Apabila pengujian dengan menggunakan uji F, menghasilkan bahwa Biaya Operasional dengan Volume Penjualan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. Kemudian koefisien determinasi sebesar 87,4% sehingga Biaya Operasional dan Volume Penjualan mampu menjelaskan laba bersih hanya sebesar 87,4% sedangkan sisanya dipengatruhi oleh faktor lain.en_US
dc.subjectBiaya Operasional,en_US
dc.subjectVolume Penjualan,en_US
dc.subjectLaba Bersih.en_US
dc.titlePENGARUH BIAYA OPERASIONAL DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI SUB SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016 – 2019)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record