dc.contributor.author | Pasaribu, Elfrida | |
dc.date.accessioned | 2018-03-19T13:37:26Z | |
dc.date.available | 2018-03-19T13:37:26Z | |
dc.date.issued | 2017-02-21 | |
dc.identifier.citation | FKIP UHN | en_US |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/620 | |
dc.description | Novel I am Hope memiliki relevansi dengan bahan pembelajaran sastra di sekolah, baik dari segi sastra, bahasa, sosial budaya, maupun psikologi.
Dari segi sastra, novel I am Hope tersusun dari unsur-unsur yang saling berhubungan secara harmonis sehingga membentuk cerita yang utuh dan menarik sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran siswa di sekolah terutama dalam cara mengapresiasi sastra (novel).
Dari segi bahasa, novel I am Hope mudah dipahami karena menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan struktur kalimat yang tidak terlalu panjang dan juga dilengkapi dengan bahasa asing (bahasa Inggris) yang dapat memperkaya kosa kata siswa.
Dari segi sosial budaya, novel I am Hope memiliki latar sosial dan budaya masyarakat yang berupa cara berpikir dan bersikap para tokohnya yang merefleksikan semangat hidup, budaya, pandangan hidup, dan keyakinan pengarang sehingga dapat menambah wawasan siswa terhadap kehidupan sosial dan kebudayaan.
Dari segi psikologi, novel I am Hope yang menghadirkan kisah-kisah yang realistis-imajiner sejalan dengan tahap perkembangan psikologi siswa yang memasuki tahap realistik yang sudah terlepas dari dunia fantasi dan sangat berminat pada realitas. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tema, amanat dan nilai didaktis dalam novel I am Hope karya Gayatri Djajengminardo sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di perpustakaan FKIP UHN Pematangsiantar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Analitis dengan bentuk kualitatif. Data diperoleh dengan teknik pembacaan berulang-ulang dan pencatatan.
Berdasarkan hasil analisis data dalam novel I am Hope diperoleh tema; Selama ada keberanian harapan akan dapat tercapai sedangkan amanat yang diperoleh dalam novel ini adalah; Hidup adalah perjuangan, pantang menyerah dan bersabarlah dalam menjalani kehidupan. Nilai didaktis yang didapat dalam novel I am Hope adalah; nilai pendidikan religius ,nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan budaya.
Novel I am Hope memiliki relevansi dengan bahan ajar pembelajaran sastra di sekolah, baik dari segi sastra, bahasa, sosial budaya, maupun psikologi. | en_US |
dc.description.sponsorship | LPPM UHN Medan | en_US |
dc.publisher | UHN MEDAN | en_US |
dc.subject | Tema, Amanat, Nilai Didaktis, Bahan Ajar Pembelajaran | en_US |
dc.title | ANALISIS TEMA, AMANAT DAN NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL " IAM HOPE" KARYA GAYATRY DJAJENGMINARDO 2016 SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH | en_US |
dc.title.alternative | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) PADA KETRAMPILAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KLS VIII SMP SWASTA TAMAN SISWA PEMATANGSIANTAR | en_US |