ANALISIS TEMA, AMANAT DAN NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL " IAM HOPE" KARYA GAYATRY DJAJENGMINARDO 2016 SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tema, amanat dan nilai didaktis dalam novel I am Hope karya Gayatri Djajengminardo sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di perpustakaan FKIP UHN Pematangsiantar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Analitis dengan bentuk kualitatif. Data diperoleh dengan teknik pembacaan berulang-ulang dan pencatatan.
Berdasarkan hasil analisis data dalam novel I am Hope diperoleh tema; Selama ada keberanian harapan akan dapat tercapai sedangkan amanat yang diperoleh dalam novel ini adalah; Hidup adalah perjuangan, pantang menyerah dan bersabarlah dalam menjalani kehidupan. Nilai didaktis yang didapat dalam novel I am Hope adalah; nilai pendidikan religius ,nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan budaya.
Novel I am Hope memiliki relevansi dengan bahan ajar pembelajaran sastra di sekolah, baik dari segi sastra, bahasa, sosial budaya, maupun psikologi.