PENGARUH PENGUASAAN ABREVIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKLAN BARIS OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh penguasaan abreviasi terhadap kemampuan menulis iklan baris.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas IX SMP Negeri37 Medan2016/2017 yang berjumlah180 orang, dan yang menjadisampelpenelitianiniadalah kelas IX-1 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakanadalahdeskriptifkorelasional, yaitusuatucaraatauteknikpenelitian yang mengungkapkanfakta yang jelastentanggejala-gejalasertahubungan yang adapadasuatuobjekpenelitianalatpengumpulan data yang digunakanadalahtesobjektif (pilihan ganda)dantes penugasan.
Instrumen yang digunakanuntukmenjaringkeduavariabel yang ditelitiadalahtes penguasaan abreviasi sebagaivariabel X berbentuktesobjektif (pilihan ganda)sebanyak 30 item, danteskemampuanmenulisiklan baris sebagaivariabel
Y berbentuktespenugasanyaitu menulis iklan baris.Untukmelihatbesarnyapengaruh penguasaan abreviasi terhadap kemampuan menulis iklan baris teknikanalisis data denganmenggunakanrumusuntukmenghitungkoefisienkorelasiadalahrumusProduct Moment:
N ∑ XY – ( ∑ X )( ∑ Y )
r xy =
√(〖{ N ∑▒〖X ²-(∑▒〖X )²} {N ∑▒〖Y ²-(∑▒〖Y )〗〗〗〗〗^2 )
Berdasarkanteknikanalisis data ditemukanhasilpenelitianyakni penguasaan abreviasi tergolongbaikdengannilai rata-rata73, dankemampuanmenulisiklan baris jug tergolongbaikdengannilai rata-rata 73,13. Pengaruh penguasaan abreviasi terhadapkemampuanmenulisiklan baris adalahsignifikandimanarhitung>rtabelpadatarafsignifikan95 % = 0,36>0,361 makapenelitianmenyimpulkanbahwaadanyapengaruh yang signifikanantarapenguasaan abreviasi dengankemampuan menulisiklan baris oleh siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.