• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGUASAAN ABREVIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKLAN BARIS OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Nova.docx (64.03Kb)
    Date
    2016-08-25
    Author
    Sinambela, Innova Riana Yanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh penguasaan abreviasi terhadap kemampuan menulis iklan baris.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas IX SMP Negeri37 Medan2016/2017 yang berjumlah180 orang, dan yang menjadisampelpenelitianiniadalah kelas IX-1 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakanadalahdeskriptifkorelasional, yaitusuatucaraatauteknikpenelitian yang mengungkapkanfakta yang jelastentanggejala-gejalasertahubungan yang adapadasuatuobjekpenelitianalatpengumpulan data yang digunakanadalahtesobjektif (pilihan ganda)dantes penugasan. Instrumen yang digunakanuntukmenjaringkeduavariabel yang ditelitiadalahtes penguasaan abreviasi sebagaivariabel X berbentuktesobjektif (pilihan ganda)sebanyak 30 item, danteskemampuanmenulisiklan baris sebagaivariabel Y berbentuktespenugasanyaitu menulis iklan baris.Untukmelihatbesarnyapengaruh penguasaan abreviasi terhadap kemampuan menulis iklan baris teknikanalisis data denganmenggunakanrumusuntukmenghitungkoefisienkorelasiadalahrumusProduct Moment: N ∑ XY – ( ∑ X )( ∑ Y ) r xy = √(〖{ N ∑▒〖X ²-(∑▒〖X )²} {N ∑▒〖Y ²-(∑▒〖Y )〗〗〗〗〗^2 ) Berdasarkanteknikanalisis data ditemukanhasilpenelitianyakni penguasaan abreviasi tergolongbaikdengannilai rata-rata73, dankemampuanmenulisiklan baris jug tergolongbaikdengannilai rata-rata 73,13. Pengaruh penguasaan abreviasi terhadapkemampuanmenulisiklan baris adalahsignifikandimanarhitung>rtabelpadatarafsignifikan95 % = 0,36>0,361 makapenelitianmenyimpulkanbahwaadanyapengaruh yang signifikanantarapenguasaan abreviasi dengankemampuan menulisiklan baris oleh siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/606
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback