PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR DI CV HONDA KARYA UTAMA KOTA KISARAN
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor yang cukup penting perkembangan sebuah bisnis. Kepuasan konsumen tentunya di pengaruhi oleh banyak faktor salah satu nya kualitas layanan dan citra perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial dan simultan
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen variabel yaitu kualitas layanan ( X1 ), citra perusahaan ( X2 ), dan kepuasan konsumen ( Y ). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 1.810 responden dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai media dalam mengumpulkan data yang nanti nya akan diolah oleh peneliti.
Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan kualitas layanan dan citra perusahaan berpengaruh signifikan dan simultan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas layanan dan citra perusahaan mampu menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 58,5 %.
Dengan hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan ke depan nya untuk terus dapat meningkatkan kepuasan konsumen mealui peningkatan pelayanan yang lebih maksimal lagi ke depan nya.
Collections
- Manajemen [1002]