PENGARUH JARINGAN USAHA, INOVASI PRODUK, DAN PERSAINGAN USAHA TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (STUDI PADA KOTA MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh jaringan usaha terhadap kinerja usaha UMKM di Kota Medan, (2) Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja usaha UMKM diKota Medan, (3) Pengaruh persaingan usaha terhadap kinerja usaha UMKM di Kota Medan, (4) Pengaruh jaringan usaha, inovasi produk, dan persaingan usaha terhadap kinerja usaha UMKM di Kota Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuesioner dan observasi yang bertujuan memperoleh data langsung dari pelaku-pelaku usaha terkait dengan UMKM di Kota Medan, dan populasi dalam penelitian ini berjumlah 1477 pelaku usaha diperoleh melalui dinas koperasi beserta website koperasi, sementara jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sebanyak 94 pelaku usaha pengambilan sampel menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Secara parsial jaringan usaha memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel kinerja usaha UMKM di Kota Medan yang dihasilkan dengan nilai thitung sebesar (1,934<0,05) dengan signifikansi 0,056, (2) Secara parsial inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja usaha UMKM di Kota Medan yang dihasilkan dengan nilai thitung sebesar (3,165>0,05) dengan signifikansi 0,002, (3) Secara parsial persaingan usaha berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja usaha UMKM di Kota Medan yang dihasilkan dengan nilai thitung sebesar (3,241>0,05) dengan signifikansi 0,002, (4) Secara Simultan jaringan usaha, inovasi produk, dan persaingan usaha berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha UMKM diKota Medan yang dihasilkan dengan nilai Fhitung >Ftabel (18,247>0,05) dengan signifikansi 0,000. Secara koefisien determinasi (R2) jaringan usaha, inovasi produk, dan persaingan usaha mampu menjelaskan kinerja usaha UMKM di Kota Medan sebesar 37,8%. Sedangkan 62,25 % dipengaruhi oleh variabel lain nya.
Collections
- Manajemen [1012]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA DAN LOKASI USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM KULINER DI KOTA MEDAN Novia Volensee Saragih (novia.saragih@student.uhn.ac.id) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Lokasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner di Kota Medan. Data penelitian ini menggunakan dua variabel bebas (Independent) yaitu Karakteristik Wirausaha (X1) dan Lokasi Usaha (X2), dengan satu variabel terikat (Dependent) yaitu Keberhasilan Usaha (Y). Data penelitian didapatkan 61 responden yang telah sesuai dengan karakteristik responden yang ditentukan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakna adalah Cluster Random Sampling dengan metode Slovin, untuk pengumpulan datanya menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Dari hasil hipotesis dapat disimpulkan bahwa Karakteristik Wirausaha dan Lokasi Usaha secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner di Kota Medan. Dari hasil uji analisis regresi berganda variabel Karakteristik Wirausaha berpengaruh positif dengan koefisien regresi likert 0.200, variabel Lokasi Usaha berpengaruh positif dengan koefisien regresi likert 0.390 artinya jika variabel Karakteristik Wirausaha, Lokasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha ditingkatkan maka Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner di Kota Medan akan meningkat. Dari hasil uji parsial variabel Karakteristik Wirausaha berpengaruh signifikan terhadapKeberhasilan Usaha UMKM Kuliner di Kota Medan, variabel Lokasi Usaha berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner di Kota Medan. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel Karakteristik Wirausaha, Lokasi Usaha dapat menjelaskan minat sebesar 0,637 atau 63,7% sedangkan sisanya 0,363 atau 36,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Karakteristik Wirausaha, Lokasi Usaha, dan Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner di Kota Medan
SARAGIH, ROSELINDA (2022-12-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan Kompetensi SDM terhadap kinerja pegawai di Pengadilan Negeri Kabanjahe. Dengan jumlah responden sebanyak 43 responden. Jenis penelitian yang digunakan ... -
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pertumbuhan bisnis yang digunakan oleh pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture untuk pertumbuhan bisnisnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi langsung ke tempat penelitian yang dituju. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, lalu mengelompokkan data yang telah didapat melalui wawancara, kemudian data hasil wawancara yang sesuai tersebut disajikan dalam bentuk narasi deskriptif, dikonfirmasi melalui observasi dan interview dengan konsumen atau pembeli yang dipilih secara acak, dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture untuk pertumbuhan usahanya dengan menggunakan strategi diversifikasi produk. Produk yang ditawarkan berupa produk elektronik dan furniture rumah tangga dengan merek dan jenis yang bervariasi. Target konsumen usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture adalah masyarakat kalangan menengah ke bawah, sesuai dengan misi dan filosofi nama usaha “SOLUSI“, yaitu menjadi solusi atau pemecahan masalah bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan strategi diversifikasi, usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture mampu bersaing dengan kompetitor sejenis, bahkan “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture sudah memiliki empat cabang usaha. Adapun lokasi cabangnya berada di Perdagangan, Lima Puluh, Sei Suka, dan Kuala Tanjung. Dapat disimpulkan bahwa strategi pertumbuhan yang diterapkan pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture sudah berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan pemiliknya, yaitu meningkatkan penjualan sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Strategi Pertumbuhan Bisnis, Diversifikasi, Peningkatan Penjualan
BR. SIAGIAN, CYNTIA VERONICA (2024-04-29)Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pertumbuhan bisnis yang digunakan oleh pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture untuk pertumbuhan bisnisnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah ... -
ANALISIS PEMANFAATAN JARINGAN USAHA TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA DAN KINERJA USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MITRA BINAAN PEGADAIAN)
GIAWA, CHARLAN PERJUANGAN (2021-10-22)Pelaku Usaha Mikro atau Mitra Binaan berdasarkan Kepmen No. Kep-236/MBU/2003 pasal 1 merupakan usaha kecil yang mendapatkan pinjaman dari program kemitraan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ...