dc.description.abstract | Saat ini bermain game online sangat diminati oleh semua kalangan, termasuk kalangan mahasiswa. Game online banyak memberikan pengaruh besar terhadap penggunanya, salah satunya kecanduan. Frekuensi bermain game online yang terlalu berlebihan ini dapat mengacaukan kehidupan sehari-hari, diantaranya kurang peduli terhadap kegiatan sosial, kehilangan kontrol waktu, prestasi akademik menurun, relasi sosial, finansial, kesehatan, dan kehidupan lain yang penting (Ghuman & Griffiths, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tingkat kecenderungan bermain game online dengan interaksi sosial pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan.
Penelitian ini dilakukan pada 381 orang mahasiswa/i Universitas HKBP Nommensen Medan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tingkat kecenderungan bermain game online yang terdiri dari 21 butir dan kuesioner interaksi sosial yang terdiri dari 13 butir. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik non parametric spearman’s rho dengan bantuan SPSS for windows 24.0. Dari hasil analisis data diperoleh nilai r = -0,264 dengan taraf signifikansi p = 0.000 (p<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan signifikan antara tingkat kecenderungan bermain game online dengan interaksi sosial pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan dengan arah hubungan yang negatif. | en_US |