• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECENDERUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    SARTIKA MAGDALENA PASARIBU.pdf (259.5Kb)
    Date
    2021-12-13
    Author
    PASARIBU, SARTIKA MAGDALENA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Saat ini bermain game online sangat diminati oleh semua kalangan, termasuk kalangan mahasiswa. Game online banyak memberikan pengaruh besar terhadap penggunanya, salah satunya kecanduan. Frekuensi bermain game online yang terlalu berlebihan ini dapat mengacaukan kehidupan sehari-hari, diantaranya kurang peduli terhadap kegiatan sosial, kehilangan kontrol waktu, prestasi akademik menurun, relasi sosial, finansial, kesehatan, dan kehidupan lain yang penting (Ghuman & Griffiths, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tingkat kecenderungan bermain game online dengan interaksi sosial pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini dilakukan pada 381 orang mahasiswa/i Universitas HKBP Nommensen Medan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tingkat kecenderungan bermain game online yang terdiri dari 21 butir dan kuesioner interaksi sosial yang terdiri dari 13 butir. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik non parametric spearman’s rho dengan bantuan SPSS for windows 24.0. Dari hasil analisis data diperoleh nilai r = -0,264 dengan taraf signifikansi p = 0.000 (p<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan signifikan antara tingkat kecenderungan bermain game online dengan interaksi sosial pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan dengan arah hubungan yang negatif.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5782
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback