Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Daring Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Nainggolan T.A 2020/2021”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar daring siswa pada pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Nainggolan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Ajaran
2020/2021 yaitu 123 siswa. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik (yang terdiri dari uji normalitas, analisis regresi linear sederhana) dan teknik analisis data (yang terdiri dari uji keberartian regresi) dengan bantuan program SPSS V25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan analisis regresi linier sederhana adalah Y= 1,139 + 1,074X, dengan thitung > ttabel (10,912 >
2,001). Hasil uji keberartian regresi diperoleh fhitung > ftabel (112,321 > 4,00) dan
nilai signifikan diperoleh 0,000 < 0,05. Melalui hasil analisis data yang yang
diperoleh, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif kompetensi
pedagogik guru terhadap prestasi belajar daring siswa pada pelajaran IPS kelas
VIII SMP Negeri 2 Nainggolan.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]