dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX SMP Negeri 1 Nainggolan tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penenlitian ini adalah 20 % siswa kelas IX SMP Negeri 1 Nainggolan tahun ajaran 2020/2021. Metode analisis yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Parsial (Uji t) dan Uji Keberartian Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa, yang menunjukkan bahwa t_hitung > t_(tabel )(9,122 > 1,689) kemudian untuk Uji Keberartian Regresi f_hitung > f_tabel (31,186 > 4,12) dan nilai signifikansinya 0,001 < 0,05. Maka dapat disimpulkan hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat adalah berarti. | en_US |