BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PASARIBU TOBING TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pasaribu Tobing Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Pasaribu Tobing Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Simultan ( Uji-F ), Uji Parsial ( Uji-t ) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai 〖 t〗_hitung > t_tabel ( 3,939 > 2,062 ) untuk variabel keterampilan mengajar guru dan ( 2,590 > 2,062 ) untuk variabel fasilitas belajar dan nilai signifikan < a ( 0,00<0,05 ). Kemudian Untuk Uji F( 171,828 > 2,92 ). Terdapat pengaruh positif keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan persamaan regresi Y = 23,018 + 0,691X1 + 0,482X2.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [265]