PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus pada mahasiswa di Kota Medan. Populasi pengguna laptop Asus pada penelitian ini adalah mahasiswa di Kota Medan. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Teknik analisis variabel yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis data yang diperoleh dari persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 12.698 + 0.368X1 + 0.213X2. Dari hasil uji analisis regresi linear berganda variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0.368, variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0.213. Dari hasil uji t variabel citra merek berpengaruh siginifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji F citra merek dan kualitas produk secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel citra merek dan kualitas produk menjelaskan keputusan pembelian hanya sebesar 0.208 atau 20.8% sedangkan sisanya sebesar 0.792 atau 79.2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1028]