PENGARUH BAURAN PEMASARAN WISATA TOMOK KHUSUSNYA PRODUK SOUVENIR TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI
Abstract
Terdapat sejumlah faktor yang berperan penting dalam mendukung kemajuan objek wisata di Tomok, Kab Samosir yaitu bauran pemasaran, kepuasan wisatawan, dan minat berkunjung kembali. Bauran pemasaran terdiri dari 4P yaitu produk, persepsi harga, tempat, dan promosi. Bauran pemasaran tentu nya akan sangat menentukan kepuasan wisatawan dan minat berkunjung kembali wisawatan yang berkunjung di Tomok, Kab Samosir.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 95 wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Instrument dalam penelitian ini menggunakan 6 variabel yaitu produk ( X1 ), persepsi harga ( X2 ), tempat ( X3 ), promosi ( X4 ), kepuasan wisatawan ( Y1 ), dan minat berkunjung kembali ( Y2 ). Dalam penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai instrument dalam pengumpulan data penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1. ) secara parsial terdapat pengaruh signifikan produk dan tempat terhadap kepuasan wisatawan di Tomok, kab Samosir. 2. ) terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Tomok, kab Samosir. 3. ) terdapat pengaruh signifikan tempat dan promosi terhadap minat berkunjung kembali di Tomok, kab Samosir. 4. ) secara simultan, terdapat pengaruh signifikan produk, persepsi harga, tempat, dan promosi terhadap kepuasan wisatawan dan minat berkunjung kembalidi Tomok, kab Samosir.
Dengan ada nya hasil penelitian ini diharapakan mampu menjadi acuan bagi pihak yang terkait seperti pengembang wisata wilayah Tomok, Kab Samosir untuk semakin memajukan destinasi wisata yang ada di Tomok, Kab samosir. Selain itu agar hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi wisatawan untuk semakin tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata di Tomok, Kab Samosir.
Collections
- Manajemen [1151]