Show simple item record

dc.contributor.authorSIJABAT, ASNI SYAHFITTRI
dc.date.accessioned2021-09-16T03:45:48Z
dc.date.available2021-09-16T03:45:48Z
dc.date.issued2021-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5340
dc.description.abstractPerkembangan UMKM menjadi salah satu bentuk usaha yang banyak berkembang di indonesia, salah satu nya di daerah Tarutung. Tarutung merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak pengrajin ulos. Ulos yang dihasilkan oleh pengrajin tenun ulos memiliki banyak motif dan variasi yang berbeda antara satu pengrajin dengan pengrajin lain nya. Perkembangan ini tentu nya tidak lepas dari dukungan dan motivasi yang dimiliki oleh pengrajin tenun ulos yang ada di Tarutung. Oleh karena kondisi tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan ( social support ) dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan ( social support ) dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung baik secara parsial dan simultan. Instrumen dalam penelitian ini terbagi atas 3 variabel yaitu social support, motivasi wirausaha, dan keberhasilan usaha. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengrajin tenun ulos batak di Tarutung. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara secara langsung dan membagikan kuisioner. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial terdapat pengaruh signifikan social support terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung dan juga terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan social support dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung. Dalam penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 20,3 % yang menunjukkan bahwa keberhasilan usaha ( Y ) dapat dijelaskan oleh variabel social support ( X1 ) dan motivasi wirausaha ( X2 ) sebesar 20,3 % dan sisa nya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain.en_US
dc.subjectSocial support,en_US
dc.subjectMotivasi wirausaha,en_US
dc.subjectdan Keberhasilan usaha.en_US
dc.titlePENGARUH SOCIAL SUPPORT DAN MOTIVASI WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA TENUN ULOS BATAK DI TARUTUNGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record